Home / BERITA / Lagi, Hilal Terlihat Di Bukit Condro, Nambangan Gagal

Lagi, Hilal Terlihat Di Bukit Condro, Nambangan Gagal

rukyatul hilalSurabaya, Tim Rukyatul Hilal dari Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar pantauan hilal di Masjid Al Mabrur, Nambangan Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Hasil rukyatul Hilal tersebut meski terhalang mendung tetapi akhirnya terlihat dan berhasil hilal. Melihat pergantian bulan tersebut memakan waktu sekitar 30 menit.

Tim rukyatul hilal sendiri menggunakan alat semcam busur yang dinamakan Rubu’ dan Theodolit untuk menentukan datangnya 1 Ramadan 1438 Hijriah.

KH. Masduki mengatakan hilal yang terlihat di wilayah Jawa Timur adalah di Bukit Condro, Gresik.

“Untuk hilal di sini masih tertutup mendung tetapi di wilayaj Jawa Timur lainnya sudah nampak hilal seperti tadi kami dapat informasi di Pantai Tanjung Kodok Lamongan,” kata KH. Masduki mewakili tim Rukyatul Hilal PWNU Jawa Timur kepada Sicom di atap Masjid Al- Mabrur , Jum’at (26/5/2017).

KH. Masduki menegaskan untuk ketinggian hilal sendiri sudah dapat dipastikan dan sudah sudah diverifikasi.

“Ketinggian Hilal di Bukit Condro 08 derajat 14 menit 45 detik, untuk keputusan puasa kami mengikuti dari keputusan Pemerintah Indonesia, kami tetap laksanakan sholat tarawih malam ini,” imbuh Imron Rosadi Ketua Lembaga Falakiah Jawa Timur, Jumat(26/5/2017)

Soleh Hidayat Koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jawa Timur, membenarkan bahwa kondisi cuaca di beberapa titik di Jawa Timur dalam kondisi mendung.

“Saat rukyatul hari ini memang Jawa Timur dalam kondisi mendung, yang cerah hanya Pantai Serau Pacitan saja,” tegasnya dikonfirmasi.

Informasi yang dihimpun ada sejumlah 11 lokasi Rukyatul Hilal seperti salah satunya di Masjid Al-Mabrur yang berada di Nambangan, sekitar Pantai Kenjeran, Surabaya, selain itu juga di Sekitar Pantai Gebang Bangkalan, Pantai Ambet Pamekasan, Bukit Condro Gresik. Bukit Serang Blitar, Pantai Selatan Malang, Pantai Gili Ketapang Probolinggo, Pantai Pasir Putih Situbondo, Pantai Srau Pacitan, Tanjung Kodok Lamongan, dan pantai Maleman Lumajang.

Sementara itu pantauan sicom di Masjid Al- Mabrur, Nambangan, Perak, Pantai Kenjeran, Surabaya saat ini sedang dilangsungkan Shalat Tarawih usai Shalat isya dilanjutkan tadarusan (mengaji). (dhm)

About admin

Check Also

IPPNU

Tingkatkan Kreatifitas, PW IPPNU Jatim Gelar Madrasah Desain.

Surabaya, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PW IPPNU JATIM) menyelenggarakan Madrasah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *