Home / BERITA / Zikir dan Doa Bersama di Surabaya, NU Ajak Jaga Islam Moderat

Zikir dan Doa Bersama di Surabaya, NU Ajak Jaga Islam Moderat

Surabaya – Acara zikir dan doa bersama yang digelar Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya pada Jumat malam, 31 Maret 2017, dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar NU Kiai Said Aqil Siroj dan Wakil Rais Aam PBNU Kiai Miftahul Akhyar.

Ketua NU Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri mengatakan kedua tokoh penting NU tersebut mengimbau kepada para jemaah untuk tetap menjaga moderasi Islam yang menghargai perbedaan.

“Beliau mengajak warga NU untuk tetap menjaga Islam yang moderat, yang merangkul semuanya, dan menghargai perbedaan,” kata Muhibbin saat dihubungi Tempo, Sabtu, 1 April 2017.

434231_620

 

Muhibbin mengatakan keutuhan bangsa merupakan suatu hal yang harus dipertahankan. Dia menambahkan, kedua tokoh NU tersebut juga mengimbau para jemaah memandang perbedaan sebagai sebuah realitas. Sebabnya, sikap-sikap radikal yang mengarah pada kekerasan, diskriminasi, maupun intimidasi sangat dilarang.

“Islam itu menyebarkan kedamaian bagi seluruh umat, bukan meniadakan perbedaan terus kemudian mendominasi,” ujar Muhibbin.

Menurut Muhibbin, dalam pidato mereka lebih menekankan akan hal tersebut. Sebabnya, akhir-akhir ini banyak pihak yang melakukan provokasi atas nama agama. Maka dari itu, para jemaah perlu mendapatkan pengarahan dan penjelasan persoalan tersebut.
Saat ini, Muhibbin menambahkan, masyarakat Indonesia sedang dihadapkan pada kecenderungan-kecenderungan ekstrem. Banyak provokator yang mengatasnamakan agama tapi berkecenderungan untuk mengabaikan keragaman dan toleransi.

Menghadapi situasi tersebut, Kiai Said dan Kiai Miftahul mengimbau kepada seluruh jemaah untuk kembali ke platform dasar NU, yaitu moderat, toleran, dan tasawuf.

“Hal tersebut dilakukan baik kepada intern umat maupun antarumat,” ujar Muhibbin.

Acara zikir dan doa bersama yang digelar di Kecamatan Pakal Surabaya Barat tersebut dimulai selepas waktu isya dan selesai pada pukul 00.30 WIB.

JAYANTARA MAHAYU

Sumber: TEMPO.CO,

About admin

Check Also

IMG_1728

Tingkatkan TI di Bidang Kesehatan, Fakultas Teknik Unusa datangkan Pakar dari BPJS Kesehatan

Surabaya – Untuk menunjang perkembangan zaman dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi, Program Studi S1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *