Khitan

peserta sunatOleh : dr.Sukma Sahadewa (LKNU Surabaya)

Khitan merupakan sebuah proses memotong atau menghilangkan sebagian kulit penutup depan dari organ intim pria. Memotong pada saat ini beberapa metode bisa digunakan dari yang manual,laser bahkan smart klaim. Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, khitan sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan.
Beberapa manfaat menurut kesehatan :

1. Menjaga kebersihan
Khitan membuat pria lebih mudah membersihkan organ intimnya. Kebersihan organ intim tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular bahkan yang mematikan. Saat setelah khitan organ intim pria (Gland Penis) terlihat langsung tanpa tertutup kulit,sehingga meminimalkan kotoran yang tertanam di dalam organ.

2. Mencegah infeksi
Sebenarnya risiko serangan infeksi saluran kemih pada pria tidak begitu tinggi ketimbang wanita. Namun infeksi lebih mudah menyerang pria yang organ intimnya tidak dikhitan. Sisa kencing yang tertahan dalam organ intim pria yang tidak di bersihkan lama kelamaan menjadi infeksi,sehingga kadang muncul panas pada badan yang tidak diketahui penyebabnya,sering dikatakan Infeksi Saluran Kencing (ISK)

3. Mencegah penyakit
Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Namun tetap saja, seks dengan pengaman tetap dianjurkan meski sudah berkhitan. Infeksi minimal ditambah dengan bersih dalam organ vital merupakan pemutus rantai penyebaran penyakit terutama Penyakit Menular Seksual (PMS).

4. Mencegah inflamasi
Inflamasi diartikan keradangan / pembengkakan pada suatu organ. Bagian ujung organ intim pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan,bisa terjadi bengkak,merah,panas,perubahan bentuk warna serta bisa mengakibatkan nyeri.

5.Mencegah penyakit kanker
Terakhir dan tidak kalah penting, manfaat khitan bagi kesehatan pria adalah mencegah kanker. Bahkan pria yang berkhitan juga membantu pasangan menurunkan risiko kanker serviks,salah satu penyebab kanker serviks merupakan dapatkan dari organ vital pria yang kurang bersih,berbakteri dan inflamasi. Dengan kebersihan dan tidak melakukan heteroseksual kepada banyak orang akan terhindar kepada penyakit ini,karena penyakit kanker serviks juga salah akibatnya karena penyebab organ vital pria yang menularkan kepada istri (pasangannya).
Itulah salah satu manfaat khitan bagi kesehatan pria. Sebagai tambahan, khitan tidak memengaruhi kesuburan serta tidak mempengaruhi kemandulan.
Oleh : dr.Sukma Sahadewa (LKNU Surabaya)

About admin

Check Also

Kisah Hebat Imam Bukhari Lepas dari Fitnah ‘Seribu Dinar’

“Sebelum menyimak kisah ini, ada baiknya kita hitung dulu berapa banyak 1000 dinar itu. Kalau …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *