Home / BERITA / Alih status IAIN ke UIN Tak Kurangi Peminat Prodi Agama

Alih status IAIN ke UIN Tak Kurangi Peminat Prodi Agama

prof komSurabaya, Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), Prof KamaruddinAmin menyatakan adanya alih status beberapa kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ke Universitas IslamNegeri (UIN) tidak membuat peminat program studi (Prodi) agama berkurang.

“Kami yakin prodi agama tidak menjadi pilihan sekunder dan bahkan hampir sebagian pendaftar memilihnyasebagai pilihan pertama. Peminat PTKIN terbukti semakin melejit. Tahun ini misalnya, peminat 55 PTKIN seluruhIndonesia menyentuh angka 129.741 pendaftar pada Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN (SPAN PTKIN).Sementara kuota yang disiapkan hanya 57.669 kursi,” katanya didampingi Kasubdit Pengembangangan AkademikKemenag, Muhammad Zain, Selasa (14/6) di Uinsa.

Hal yang sama, tambahnya, juga terjadi pada jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  (UM-PTKIN). Pendaftar awal sebanyak 79.870 orang sementara yang mengikuti ujian sebanyak 78.509 pendaftar. Dari jumlah tersebut, total kuota yang disediakan hanya 35.006 kursi, sehingga  total pendaftar yang tidak bisa diterima di PTKIN untuk dua jalur pendaftaran sekitar 116.936 calon mahasiswa.

Ia menampik anggapan bahwa kehadiran prodi umum mengurangi minat camaba untuk memilih prodi agama. Peningkatan jumlah peminat prodi agama menjadi bukti bahwa transformasi sama sekali tidak mempengaruhi minat camaba pada prodi agama. Hanya saja, Prof Kamarudin menegaskan upaya peningkatan kualitas prodi agama tetap terus diupayakan. “Kebijakan kita jelas, satu sekalipun peminat prodi agama akan tetap kita pertahankan,” jelasnya.

Amin mengungkapkan terdapat beberapa prodi agama favorit dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan UM-PTKIN. Prodi favorit di UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu prodi ekonomi syariah, UIN Syarif Jakarta, prodi perbankan syariah, sedangkan UIN Bandung, prodi manajemen syariah. (*/kom)

Views 860

About admin

Check Also

IMG_1728

Tingkatkan TI di Bidang Kesehatan, Fakultas Teknik Unusa datangkan Pakar dari BPJS Kesehatan

Surabaya – Untuk menunjang perkembangan zaman dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi, Program Studi S1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *