Home / PERISTIWA / Semacam Puisi “Ini NU” Kado Harlah Dari Surabaya

Semacam Puisi “Ini NU” Kado Harlah Dari Surabaya

INI NU
(Semacam puisi karya Achmad Muhibbin Zuhri)

Ini bukan sembarang jam’iyah. Ini organisasi kebangkitan ulama’. Sarana para ulama dan santri untuk menggapai ridla Allah swt. melalui perjuangan izzil Islam wal-muslimin.

Ini organisasi yang berdirinya diputuskan dengan istikhoroh, bukan interest. Ini organisasi para muhibbin, pecinta rasul, pengikut sunnah, bukan ahli bid’ah.

Ini organisasi yang dipanggil sejarah untuk memelihara Islam ‘ala ahlissunnah wal-jama’ah. Islam wasathiyyah yang penuh rahmah.

Ini organisasi yang membebaskan umat manusia dari imperialisme dan segala bentuk penindasan. Baik penindasan oleh sebuah bangsa terhadap bangsa yang lain, penindasan atas nama klaim kebenaran tertentu, dan bahkan penindasan atas nama agama sekalipun.

Ini adalah organisasi yang cinta kemerdekaan dan perdamaian abadi nan hakiki.

Ini organisasi yang dipimpin oleh para pewaris nabi. organisasi yang dibimbing oleh ke-‘alim-an, ke-‘abid-an, dan ke-‘arif-an ulama’. Bukan organisasi yang diarahkan oleh kebodohan, nafsu dan kekonyolan berfikir.

Ini organisasi yang meyakini bahwa membela negara kesatuan adalah bagian dari titah syari’at. Sehingga dengan tegas memfatwakan jihad fi sabilillah untuk melawan kekuatan dhalim yang ingin menguasainya.

Ini adalah organisasi yang tak perlu lagi diajari demokrasi, karena musyawarah sudah merupakan bagian dari mekanismenya dalam menyelesaikan soal-soal diniyah, ijtima’iyah, maupun siyasiyah.

Ini organisasi yang mengembangkan pendidikan, tidak sekedar pengajaran. Pesantren adalah legacy NU untuk sistem pendidikan Indonesia yang mengembangkan karakter muslim nusantara yang penuh kearifan dalam beragama dan berbangsa.

Ini organisasi yang sangat menjunjung tinggi moralitas, bukan sekedar rasionalitas belaka. Organisasi yang meyakini “kuwalat”, mengajarkan sikap tawadlu’, tetapi tegas dalam menegakkan kebenaran. Tak pernah kompromi terhadap kebathilan.

Ini adalah NU, NU-ku, NU kita semua.

Selamat Hari Lahir NU yang ke-93.

Dibacakan pada Pidato Harlah Ketua PCNUIMG-20160424-WA0017 Surabaya, 24 April 2016 di Makam Sunan Bungkul Surabaya.

About admin

Check Also

diusir pamdal

Kronologi Tragedi Pengusiran Ketua NU Surabaya Di Sidang Paripurna DPRD

Kronologi Pengusiran Pukul 09.08 saya secara pertelpon kepada Ketua Komisi B, meminta untuk memfasilitasi (tempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *